Yuk, rawat ponsel agar performanya selalu baik. (POCO)
Yuk, rawat ponsel agar performanya selalu baik. (POCO)
KOMENTAR

PUNYA peran sangat krusial dalam kehidupan sehari-hari, kamu tentunya harus piawai merawat ponsel dengan cara yang tepat.

“POCO selalu berusaha menghadirkan hape berperforma extreme dengan harga extreme, karena POCO paham banget kebutuhan sehari-hari penggunanya. Sebagai pilihan cerdas bagi anak-anak muda penggemar teknologi, POCO pun ingin mengingatkan soal penggunaan hape yang bijak, supaya hape POCO yang digunakan oleh para POCO Fans makin extreme dari sisi usia pakai,” ungkap Jeksen, Product Marketing Manager POCO Indonesia.

Agar awet dipakai dalam jangka panjang, berikut ini 5 tips dari POCO untuk perawatan ponsel.

Mengelola aplikasi dengan efisien

Kalau ada aplikasi di ponsel yang jarang kita gunakan, lebih baik nonaktifkan atau hapus saja demi menghemat memori maupun daya baterai. Selain itu, penting juga mengatur izin siapa yang berhak menggunakan aplikasi tertentu untuk menjaga privasi dan keamanan.

Bijak mengonsumsi data

Biar penggunaan data lebih efisien alias irit kuota, utamakan menggunakan wi-fi untuk aplikasi-aplikasi yang lahap memakan data, seperti aplikasi yang memerlukan streaming atau download.

Jangan abai merawat baterai

Saat charge baterai, lakukan dengan cara yang tepat. Kamu harus menghindari pengisian daya berlebihan, serta tidak disarankan menggunakan ponsel sambi mengecas. Dan ada satu hal lagi yang biasanya sering diabaikan: kalibrasi baterai. Lakukan setiap dua atau tiga bulan sekali, untuk menjaga performa baterai dan sinkronnya angka persentase pada indikator baterai dengan daya yang sebenarnya terisi.

Membersihkan ponsel

Bagian ponsel yang paling sering kotor dan dipenuhi bakteri adalah layar. Buat membersihkannya, pastikan ponsel dalam keadaan mati lebih dulu. Kemudian, bersihkan layar menggunakan kain mikrofiber (biasa digunakan sebagai pembersih lensa kacamata) yang sedikit dibasahkan dengan isopropyl alcohol berkonsentrasi 20% sampai 30%. Lakukan rutin setidaknya sekali sehari.

Bersihkan pula port (lubang colokan) yang ada menggunakan cotton bud berujung runcing secara hati-hati. Jangan meniupnya untuk menghindari cipratan air liur masuk, dan jangan menggunakan hair dryer karena udara bertekanan tinggi berpotensi merusak komponen di dalam ponsel.

Casing tambahan juga perlu dibersihkan berkala, lho. Setelah dicopot, bersihkan casing menggunakan air sabun hangat dengan menggosoknya minimal 20 detik. Keringkan sampai betul-betul tidak ada sisa air yang tertinggal.

Di samping bersih-bersih fisik ponsel, bersihkan pula file-file yang sudah tidak kita perlukan. Bersihkan juga cache hingga residual file dari aplikasi yang telah kita uninstall sebelumnya menggunakan fitur Cleaner, untuk mengoptimalkan media penyimpanan.

Update perangkat lunak

Pembaruan sistem operasi maupun aplikasi bermanfaat agar ponsel kita selalu kompatibel dengan perkembangan software terkini, juga untuk meningkatkan fitur keamanan, mengoptimalkan kinerja, dan masih banyak lagi.

Sebaiknya menggunakan wi-fi ketika melakukan update mengingat cenderung lebih stabil. Pastikan daya baterai cukup, minimal terisi 50%, sebelum mulai demi mencegah munculnya problem jika ponsel mati saat proses update. Kalau update memakan waktu lama, jaga-jaga seandainya ponsel meminta kita mencolokkan charger agar tidak kehabisan daya.

Simpan dengan baik dan gunakan aksesoris orisinal

Tidak disarankan menyimpan ponsel di tempat bertemperatur panas, atau menindihnya dengan benda berat. Buat pemakaian aksesori, seperti charger, power bank, headset, dan sebagainya, selalu pilih yang original untuk jaminan kualitas serta bikin kita lebih tenang saat menggunakannya.

Nah, biar makin banyak anak muda yang bisa merasakan pengalaman ekstrem hape POCO, di bulan Agustus ini POCO mengadakan POCO Carnival Extreme Sale. Bagi yang belum punya hape POCO atau ingin ganti hape lama dengan yang baru, gelaran ini ngasih harga yang makin extreme mulai dari 25 hingga 31 Agustus 2024.




Hempas Rasa Minder dengan 5 Bentuk Apresiasi Diri, Coba Yuk!

Sebelumnya

AlloFresh Hadirkan "Dinding Belanja" di MRT: Belanja Saat Bepergian, Barang Tiba di Rumah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family